Rabu

Virus versus Worm


Jika anda yang sedang belajar ilmu komputer. Pasti sering mendengar kata-ata seperti virus maupun worm. Nah sebenarnya mereka itu apa? Apakah virus seperti dalam biologi atau worm yang dalam bahasa inggris artinya cacing.

Cobalah ingat-ingat ketika membaca sebuah artikel komputer pastilah pernah mendengar "hati-hati saat mendownload file, setelah berhasil di download langsung scan dengan antivirus" Sebegitu gawatkah itu virus sampai harus segitunya (sangat gawat sampai bisa membuat komputer dalam kondisi darurat). Dan apakah itu virus..........hmmmmmm mari belajar komputer bersama-sama :
Perbedaan virus dengan worm :

Virus adalah Sebuah kode komputer yang mempunyai cara kerja dengan menempel ke program atau file lain. NAh file atau program yang terinfeksi itu dapat dirusak sehingga system tidak bisa diakses oleh user. Kenapa dinamakan virus? Kok nggak bakteri....... ini karena cara kerjanya mirip dengan virus biologis yang menginfeksi tubuh makhluk hidup.

Sedangkan

Worm adalah Sebuah program yang penyebarannya dengan meng-copy dirinya sendiri dari satu system ke system yang lain. Biasanya menggunakan jaringan komputer seperti di warnet atau di lap komputer. Selain menduplikasi diri, worm juga sama halnya dengan virus yaitu merusak data.

Nah itulah dua perbedaan virus dan worm. Sebenarnya banyak pakar IT yang membedakannya.. walau demikian banyak juga pakar IT menganggap virus dan worm adalah sama. Hanya cara kerja dari virus dan worm itu saja yang berbeda.

Untuk mengantisipasinya gunakanlah selalu antivirus.

Rabu
Dibaca :