Selasa

Norton Commander

Mohon maaf untuk para teknisi senior  lewati aja artikel ini
pembahasan kali ini tentang software Jaadul era 1999 - 2004
Era jaman keemasan windows 98
Merupakan senjata andalan teknisi software waktu itu....... buat yang lain keep your smile dech 

Siapa yang tidak mengenal perangkat lunak Norton Commander ? Buat yang sudah pengalaman di sistem operasi DOS sudah pasti kenal perangkat lunak yang satu ini. Norton Commander merupakan program yang banyak di gunakan oleh orang pada saat zaman ke-emasan sistem operasi DOS face smile big Doszip Commander   Perangkat lunak manajemen file kloningan dari Norton Commander ¤ gif , jpg , png , bmp , ico, psd , jpeg # www.nagahost.com . Saya salah satu pengguna yang sering menggunakan Norton Commander bila ingin mengatur file dan folder dalam harddisk ataupun pada disket.
Artikel berasal dari www.crypton97.us + www.nagahost.com
Pada zamannya Norton Commander atau biasa di singkat NC, merupakan sebuah program terpopuler yang dapat mempermudah dalam hal mengelola file dan folder. Mengelola disini seperti memberikan atau membuat nama file baru, mengcopy file atau folder, mengedit file text atau bat file dan sebagainya.


Untuk anda yang kangen dengan program norton commander tetapi anda sudah tidak memiliki filenya lagi anda bisa mencoba perangkat lunak yang serupa , yaitu namanya Doszip Commander. Program Doszip Commander merupakan kloningan dari Norton Commander.
Perangkat lunak Doszip Commander ini juga berjalan di DOS PROMPT. Anda bisa menjalankannya melalui modus Command Prompt yang ada di dalam Start menu – Accesoris di windows anda.  Software Doszip Commander tanpa perlu anda install ke dalam komputer anda  dapat menjalankannya, anda hanya perlu mengeluarkannya ke dalam harddisk anda karena filenya terkompress .zip.
Bila anda extrack keluar file Doszip Commander ini, maka yang terjadi adalah terdapat7 file diantaranya
C:doszipcopying
C:doszipdoszip.txt
C:doszipdz.exe
C:doszipdz.ico
C:doszipdz.pif
C:doszipdzbin157.txt
C:doszipdzmain.exe
Artikel milik Tri Wahyudi
ww.crypton97.us
Untuk menjalankan program Doszip Commander anda klik saja 2x pada nama filenya dzmain.exe .
Maka munculah tampilan dari program Doszip Commander yang bisa anda lihat melalui gambar dibawah ini
Dua layar panel dalam 1 layar windows. Dan menu menu yang di tampilkan sama atau mirip dengan Norton Commander. Anda juga bisa melihat menu bar dibawah dengan hanya menekan tombol F1 sampai F10 untuk melihat fungsi fungsi yang dapat di jalankan di program Doszip Commander.
Kalau anda ingin menggunakan cara lama seperti di Norton Commander dengan perintah Command Line juga bisa di lakukan di program Doszip Commander ini.
Barangkali anda ingin mencoba lagi bagaimana caranya mengkompress file menjadi file zip dengan pkzip juga bisa anda lakukan face smile big Doszip Commander   Perangkat lunak manajemen file kloningan dari Norton Commander ¤ gif , jpg , png , bmp , ico, psd , jpeg # www.nagahost.com .Perintah pkzip sering saya pergunakan untuk mengkompress file menjadi kecil kemudian saya simpan ke dalam disket.
Kalau anda ingin mencoba dari program Doszip Commander ini anda bisa mendownload filenya di situs dibawah ini.
Filenya cukup kecil hanya sekitar 86KB saja dan tentunya software Doszip Commander ini lisensinya freeware . Dan source code programnya juga di sediakan bilamana anda ingin mengutak atik atau memodifikasi program Doszip Commander bila memang anda mengerti bahasa pemprograman face smile big Doszip Commander   Perangkat lunak manajemen file kloningan dari Norton Commander ¤ gif , jpg , png , bmp , ico, psd , jpeg # www.nagahost.com . Source codenya di sediakan gratis dikarenakan program Doszip Commander ini merupakan program open source.

Selasa
Dibaca :