Rabu

Tip Membeli Mainboard second

Ketika kebutuhan akan komputer meningkat, “motherboard bekas” menjadi sebuah solusi untuk memiliki komputer dengan harga yang murah. Karena motherboard adalah salahsatu kompunen komputer yang memiliki harga yang cukup menguras kantong.

Tidak semua barang bekas bisa menjanjikan kualitas yang diinginkan. Begitu pun dengan motehboard bekas. Tidak setiap motherboard bekas itu bagus untuk kompter anda. Akan tetapi bagi anda yang ingin memiliki komputer murah dengan motherboard bekas, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum membeli moterboard bekas tersebut:
Pertama, perhatikan kondisi fisik motherboard bekas tersebut. Pastikan semua komponen lengkap seperti cipset, slot2 dll. Perhatikan apakah ada bekas solderan atau bau sesuatu yang terbakar pada bagian bawah motherboard. Motherboard yang bagus akan memiliki solderan yang masih utuh dan tidak ada bekas warna hitam terbakar pada bagian bawahnya. Cek pula slot memory, ATA/SATA, VGA dan PCI.


Kedua, cek semua port baik USB, PS/2, Sound (out put, in put dan mic), VGA (onboard), LPT dan LAN. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik.


Ketiga, coba performa motherboard tersebut. Cek penyimpanan setting BIOSnya, jika tidak berfungsi coba ganti dengan batre yang baru, jika masih belum berfungsi itu artinya moterboardnya bermasalah. Selain itu coba install OS. Motherboard yang bagus akan meyelesaikan proses instalasi dengan baik tanpa bluescreen.

Itulah tips yang harus diperhatikan sebelum memilih moterboard bekas. Semoga bermanfaat.

Rabu
Dibaca :