Kamis

Perawatan Komputer

Perawatan PC - Ada beberapa tip yang bisa di lakukan dalam mengatasi permasalahan seputar computer agar pengguna computer dapat lebih aman dan awet , antara lain sebagai Berikut :

Tegangan Listrik Naik Turun Atau Mati Tiba – Tiba 


Hal ini berdampak jelek pada PC , terutama PC yang sudah lama.kerusakan yang akan di alami di antaranya pada bagian power supply ,Hard disk ,dan motherboard .Hard disk merupakan komponen yang menerima dampaknya secara langsung, karena hard disk memerlukan power supply yang stabil saat bekerja. Matinya listrik secara tiba-tiba menyebabkan kejutan sehingga head pada hard disk bisa menggores piringan tempat menyimpan data hard disk. Akibatnya adalah timbul bad sector. Lebih parah lagi , bad sector secara fisik dapat menghilangkan seluruh data dan sulit untuk di recovery .bad sector non-fisik dapat menyebabkan kinerja computer menjadi lambat. Untuk  mengatasi hal tersebut , gunakan stabilizer dengan tipe motorik agar tegangan listrik di rumah lebih stabil.jika memungkinkan sebaiknya gunakan UPS (yang menggunakan stabilizer juga) sebagai pengaman jika terjadi mati lampu secara tiba-tiba . banyak jenis UPS yang tersedia di pasaran . jika di gunakan untuk 1 PC dan Monitor, cukup gunakan UPS dengan kapasitas 500 VA ( Sekitar 350 watt). 
  • Gunakan Penstabil Tegangan (STAVOLT)


Tidak semua tipe UPS memiliki stavolt . jika UPS tidak memiliki stavolt ,lebih Baik sediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer .sehingga ketika tegangan listrik Naik Turun , Komputer Dapat bekerja Dengan stabil.


  • Bersihkan computer secara berkala dari debu dan kotoran

Debu dan kotoran dapat menempel pada perangkat yang ada di dalam CPU ,walaupun CPU di tutup rapat. Banyaklah debu bergantung pada lokasi tempat kita menggunakan computer. Terlebih jika computer banyak menggunakan cooling fan. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak debu, lama – kelamaan akan menyebabkan lebih banyak debu yang masuk ke dalam CPU. Debu bisa menjadi penghantar panas, sehingga jika komponen yang ada di dalam computer terkena debu, lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan fatal, seperti computer sering hang. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan penyedot debu, dan kuas cat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada komponen-komponen computer. 

  • Air minum

Berhati – hatilah dengan air minum yang ada di sekitar CPU. Jika tumpah dan mengenai computer/laptop, bisa merusak komponen-komponen yang berada di dalamnya.   

  • Elektrik statis

Kadang kita merasa tersengat listrik saat memegang CPU, terutama jika kita menyentuh casing saat tidak menggunakan alas kaki. Oleh karna itu, gunakan alas kaki jika akan berinteraksi langsung dengan CPU dengan kabel tunggal. Kemudian ujung kabel yang lain di tarik dan ditanamkan ke tanah dengan sebatang besi. Semakin dalam semakin baik. Dengan cara ini setrum yang ada pada casing bisa hilang.  

> Medan magnet  
Sebaiknya jauhkan computer dari medan magnet, karena medan magnet bisa mengganggu performa computer, terutama monitor CRT, Hard disk, dan berbagai perangkat lainya. Jangan letakkan casing di atas speaker/sound system, dan jangan letakan magnet secara langsung dekat dengan komponen tersebut.  

Kamis
Dibaca :