Kamis

Why Modem GSM/CDMA ku Lemot ?

Pesatnya user laptop saat ini dan internet yg sudah menjadi paket kebutuhan maka modempun menjadi salah satu incaran konsumen sebagai media koneksi internet yg flexible.

Yang menjadi masalah dilapangan adalah kurangnya pemahaman tentang jenis modem dan profider yg dipilih sebagai media koneksi tersebut,sehingga timbul masalah baru yg dipertanyakan dari konsumen diantaranya:
v  Kok modem saya lemot kali padahal kan baru,tukar aja pak?wduh..
v  Modemnya tak bagus nih buatan cina ya?palsu kali ya?
dan masih banyak lagi komentar miring tentang modem yg mereka pakai,padahal sebelumnya udah di kasih tahu kalo modem ini begini,yg itu begitu.yg parah lagi pengen balikin uang heee…tuing2 jadinya ngadapin customer yg kurang faham.tapi tak apa berbagi pengalaman aja yah namanya juga jualan hee..

Perlu diketahui temen2 bahwa lemotnya modem itu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya:
v  Speed up modem sangat berpengaruh kepada kecepatan modem tersebut,sebagus apapun profider yg kita pakai jika speed up modem rendah sama aja boong.usahakan yg 7.2Mbs
v  Lokasi/daerah tempat kita pakai modem tersebut, karena hal ini sangat berkaitan dengan BTS profider kartu yg kita pakai,makanya tak heran jika kita pakai modem di tempat A kenceng2 aja namun saat ditempat B lemot kali.Jarak BTS sangat berpengaruh.
v  Kwalitas modem juga sangat pengaruh dimana ada beberapa modem yg daya tahannya kurang baik ,indikasinya saat kita pakai 1jam aja suhu body modem langsung naik.ini akan berakibat turunnya kemampuan speed modem tersebut.
v  Sinyal modem sangat pengaruh juga untuk hal ini.dimana kita tahu sinya modem setting saat ini GPRS-EDGE-UMTS-HSDPA.sinyal yg baik adalah HSDPA.sinyal HSDPA satu bar lebih baik dari pada sinyal GPRS full bar.walaupun tidak selamanya begitu
v  Ruangan gedung juga sangat berpengaruh buat speed modem ini karena dipastikan sinyal modem akan drop.
v  Speed Kartu profider yg kita pakai juga harus relevan dengan speed up modem kita.matching lah speednya
v  Cuaca juga tak bisa diremehkan loh ,pengaruh juga pada speed modem,karena modem sifatnya wireless yg barang tentu dipengaruhi oleh frekwensi AM.
v  Cek juga speed laptop anda jangan sampai terlalu menyalahkan speed modem,prc dan memory nya menunjang tk dengan speed up modem yg anda pakai.

Kesimpulan bahwa peralatan elektronik atau sebangsanya adalah merupakan rangkaian system yg saling mempengaruhi satu sama lain.jadi kita tk bisa menjust kalo modem lemot modemnya kurang bagus,bisa jadi emang modemnya kurang bagus tapi sebelumnya boleh analisa dulu dengan point-point yg telah saya sebutkan diatas.
Moga bermanfaat.

Kamis
Dibaca :