Selasa

PC rakitan Error "Chassis Intruded", Warna tampilan aneh


Kasus:
-Saat dinyalakan dari kondisi power mati, selalu muncul pesan CHASSIS INTRUDED, FATAL ERROR..SYSTEM HALTED.
-Warna tampilan pada monitor tampak aneh, yang disebabkan tidak munculnya komponen warna RED (hanya terpancar warna GREEN dan BLUE) dari Graphics Card.



Cek & Solusi:
-CHASSIS INTRUDED ==> Mainboard yang digunakan adalah ASUS P5GC-MX/1333. Sudah dilakukan: Clear CMOS, Lepas Baterai CMOS, Ganti Jumper CHASSIS_INT, Ganti Jumper CMOS, Cek tegangan Baterai CMOS, ternyata tidak membuahkan hasil.
Setelah membaca dari situs manufakturnya (ASUS), ternyata memang banyak mainboard ASUS yang mengalami kejadian serupa, dan belum ada tindakan konkrit dari ASUS untuk mengatasi masalah ini (misalnya dengan memberikan update BIOS untuk bypass CHASSIS INTRUSION).
Jalan satu-satunya yang cukup aman adalah dengan mengganti mainboard --dengan merk lain tentu saja. Sebenarnya ada solusi yang dapat dicoba, yaitu dengan melakukan modifikasi pada rangkaian chip Winbond yang berperan dalam pengolahan data BIOS. Namun karena resiko kegagalan dari metode ini dapat menyebabkan mainboard sama sekali rusak, maka cara ini tidak dilakukan.

-Warna tampilan aneh ==> Pada Graphics Card masih terdapat konektor DVI di samping konektor VGA biasa. Dengan memasang konverter DVI-to-VGA, maka tampilan pada layar monitor kembali normal, karena komponen RGB (Red, Green, Blue) telah tersalurkan dengan baik.

Selasa
Dibaca :