Jumat

Servis LCD dell E152FPC

LCD Monitor, ya sebuah teknologi baru yang perlahan-lahan menggantikan posisi CRT Monitor. LCD Monitor memiliki banyak kelebihan dan kesempurnaan jika di bandingkan dengan CRT Monitor. Tetapi LCD Monitor juga memiliki beberapa kelemahan, salah satu di antaranya adalah pada screen lampunya yang memiliki daya pakai tidak begitu lama ( kurang lebih 2 tahun ).

Nah, bagaimana untuk mengatasi hal ini, apakah LCD Monitor yang sudah kita beli maha-mahal hanya bertahan dua tahun kemudian menjadi barang sampah?  Tidak. Lampu yang sudah rusak bisa kita ganti baru, tapi tentu saja harus memiliki kemahiran dan keahlian untuk melakukannya.

Di sini akan saya ambil contoh LCD Monitor yang paling sederhana dan tidak rewel dalam proses membukanya, yaitu Dell e152fpc. Memang brand Dell terkenal lebih simple dan jika ada kerusakan juga tidak terlalu rumit untuk memperbaikinya.

Pertama buka dulu dong, covernya











Kemudian pisahkan screen panel dengan PCB nya







Siapkan lampu yang akan di pakai untuk mengganti







Nah, pada bagian ini harus ekstra hati-hati, di perlukan ruang bebas debu dan ketelitian yang tinggi, karena lampu LCD sangat mudah patah.






Ambil keluar lampu yang rusak.







Ganti dengan yang baru, tentunya..







Singkatnya, gambar saat menutup cover tidak saya tampilkan. Kalau Anda benar memasangnya, jadi deh.., tuh dah nyala.





Memang di butuhkan ketelitian dan kesabaran untuk mengerjakannya. Kalau di Indonesia sparepart lampu ini kayaknya masih lumayan langka. Silahkan di coba, atau sekedar untuk tambahan pengetahuan


Jumat
Dibaca :