Jumat

Analisa cek Awal Monitor Blank

Untuk masalah CPU blank pada monitor pada saat cpu baru dihidupkan yg perlu dicek adalah:
1.      Cek memory ram, cabut dan bersihkan pin kaki memory ramnya bisa gosok pake penghapus pensil atau gosok pake kertas bersih lalu pasang lagi yg bagus.ada reaksi apa gak.
2.      Cek VGA cardnya sama juga langkahnya kyak diatas.(khusus yg pake VGA card donk,klo masih onboard gak perlu)

3.      Reset/clear bios di mothrboard.biasanya ada jumper didekat batre cmos utk clear bios.bisa baca pada buku panduan motherboardnya.
4.      Cek PSU/power suply anda tegangan outputnya masih bagus apa gak/atau masih bisa dikasi beban sampe brapa watt..caranya cabut semua kabel power HDD,CD/DVDrom anda jadinya kita menghidupkan CPUnya dengan maksud test PSUnya tanpa beban..hanya dikasi beban power masuk kemobo saja..lalu cek tampilan di monitor.bisa masuk kebios apa gak..apabila bisa matikan lagi trs kasi beban lagi pasang HDDnya lalu hidupkan lagi apa masih bisa PSUnya ngangkat powernya.kalo gak berarti PSU sdh ngedrop.

Silahkan ganti PSU anda Nah ini yg paling sering diabaikan PSU/power suply orang sering menganggap remeh dengan power suply.padahal ini inti paling penting untuk keawetan hardwer di CPU karena dia yang menyuply tegangan ke setiap hardwer cpu.klo tegangan output PSU naik turun, hardwer CPU akan cepat rusak.saran dri saya gunakan PSU yg pure power tp emang harganya mahal.tp kelangsungan hardwer cpu kita lebih awet.utk keterangan PSU/merek PSU yg bagus slahkan cari di Mr google.
Perlu diketahui juga banyak sebenarnya masalh klo terjadi blank pada monitor klo CPU baru dihidupkan tapi biasanya seperti keteragan diats..dan satu lagi saya tambahkan.kalo HDD anda rusak kejadiannya sama juga akan terjadi blank monitor pada saat cpu baru dihidupkan. jadinya untuk mengetes blank pada CPU lankah awal cabut saja dulu kabel powr psu yg masuk ke HDD.dan ke cd/DVDromm ini dimaksudnkan utk mengetes semua harwer dan tegangan PSU tanpa diberikan beban dulu..langkah tersebut adalah minimal kita bisa ada tampilan dilayar monitor untuk bisa masuk kebios saja dulu.selanjutnya logika berpikir anda yg akan melanjutkan langkah selanjutnya.

Jumat
Dibaca :