Sabtu

Macam-Macam Driver CHipset

Mengenal Chipset & Lokasi Download Driver-nya

Apa itu Chipset dan apa pentingnya menginstall driver Chipset Komputer?
Chipset

Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.
Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Processor, RAM (Memori) dan VGA (Kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Ethernet, USB, Audio dan lainnya yang biasanya lebih lambat.
Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan mothrboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung dari perusahaan pembuat Chipset tanpa mengenal merk/tipe MOtherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SiS dan Intel.
Melihat fungsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainnya. Jika menggunakan Kartu grafik OnBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lambat.
Oleh karena itu, setelah menginstall Sistem operasi, maka sebaiknya yang di install pertama kali adalah Driver Chipset ini. Dan biasanya bisa kita temukan pada CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard/komputer.

Cara Mendeteksi Tipe Chipset
Jika kita belum tahu apa driver komputer/laptop yang digunakan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya :
1. Melalui buku manual yang disertakan ketika membeli komputer
2. Melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet.
3. Menggunakan software dan salah satu yang terbaik adalah Everest.
Download Link Berbagai Chipset Komputer
Selain bisa didapatkan dari lokasi download pembuat motherboard, driver Chipset juga bisa didapatkan/download dari pembuat chipset itu sendiri. Berikut selengkapnya :
INTEL
Selain produk utamanya CPU (Processor) Intel juga populer dengan Chipsetnya. Selain dengan 3 cara diatas, untuk mengetahui tipe Chipset Intel bisa menggunakan Intel® Chipset Identification Utility [216 KB], meskipun hanya untuk seri 900 keatas.
Intel® Chipset Identification Utility bisa digunakan untuk mengetahui : Intel® Matrix Storage Manager, Intel® Chipset Software Installation Utility, dan Intel’s Graphics Drivers.
Contoh Chipset Intel : Intel X58, X48, X38, 910, 915, 925X, 945, 946, 975 Express, Centrino, Mobile Intel 910, 915, 945, 965 dan lainnya.

AMD (ATI)

Sebelumnya ATI merupakan perusahaan yang terpisah (berdiri sendiri), tetapi sejak tahun 2006 sudah di akuisisi oleh AMD, sehingga dijadikan satu.
Contoh Chipset AMD/ATI adalah : AMD 480X, 570, 690, 770, 790FX, 780G, 780V, 790GX, Radeon Express 1150, 1200, 1250 dan sebagainya.

NVIDIA

NVIDIA sebenarnya lebih populer dengan kartu grafisnya. Meskipun begitu, Chipset NVIDIA yang biasa dikenal dengan nForce juga cukup populer dan merupakan salah satu chipset terbaik. Beberapa contoh keluarga Chipset Nvidia adalah nForce, nForce2, nForce3, nForce4, nForce 500, nForce 600, nForce 700 dan nForce 900.
nforce-chipset
Download Chipset Nvidia (nForce) : http://www.nvidia.com/Download/index.aspx?lang=en-us
(Untuk product Type dipilih nForce )
VIASalah satu chipset yang juga cukup populer adalah VIA, meskipun lebih banyak digunakan untuk kalangan menengah kebawah. Chipset VIA Notrhbridge yang biasanya untuk Kartu grafis contohnya : VIA KT133, KT133A, VIA KT266A, VIA KT333, VIA Apollo KT400A, VIA P4X400, VIA K8T400M, P4M800 dan lainnya. Sedangkan, untuk VIA Southbridge contohnya : Via VT8251, VT8235, VT8237A dan VT8237R.
via-chipset
Download Driver Chipset
VIA Desktop Chipset (Northbridge) :
VIA Mobile Chipset
VIA Southbridge

Silicon Integrated Systems (SiS)

Meskipun tidak se-populer yang lain, beberapa motherboard masih menggunakan Chipset SiS. Berikut download Driver chipset SiS.
Sis-chipset
Jika memang komputer sudah berjalan normal/lancar dengan driver chipset yang lama, maka tidak harus menginstall driver chipset terbaru, karena biasanya tidak banyak tambahan kinerja yang didapat (kecuali ada penjelasan khusus didalamnya). Meskipun sebaiknya tetap menggunakan Chipset terbaru.

Daftar link download berbagai driver Motherboard

    Sebagian besar link diatas akan langsung masuk ke halaman pemilihan hardware yang dimiliki masing-masing vendor, seperti : Motherboard, VGA / Graphics card, Server/ workstation board dan lainnya. Jadi sebelum download, langkah lain yang juga penting adalah mengetahui tipe Motherboard yang digunakan.Cara mengetahui tipe Motherboard yang terbaik adalah dengan membuka chasing komputer dan dilihat keterangannya di motherboardnya. Sebagian besar vendor akan menuliskan tipe-nya disana, baik dengan sticker atau langsung menuliskan di papan mainboardnya dengan tulisan yang cukup besar dan cukup mencolok. Berikut contohnya : 
    sample-motherboard-01sample-motherboard-02sample-motherboard-03


Sabtu
Dibaca :