Selasa

Tip Basmi Virus Handphone



Beberapa bulan yang lalu, para teknisi ponsel kebanjiran servis. Bagaimana tidak sehari miminal 3 sampai 5 ponsel yang harus ditangani dengan kasus yang sama. Mungkin masa lalu Anda pernah mempunyai ponsel Nokia versi Symbian (seperti: Nokia 3230, 3650, 3660, 6600, 7610, 7650, N70 dll.) Seri ini ternyata rentan dengan kerusakan software atau rentan terhadap virus.


A.   Bagaimana Virus Menyerang dan cara Kerjanya
Virus ponsel mudah menyebar, media penyebaran bisa melalui beberapa cara yaitu:
-          Pertukaran data yang dilakukan dengan Bluetooth.
-          Pertukaran data dengan mengakses kartu memori handphone lain yang mengandung virus.
-          Virus juga menular ketika mengakses kartu memori lewat card reader dan mengisinya dengan data dari komputer (komputer terindikasi ada virusnya)
-          Mengakses internet dari Handphone
-          Setelah virus terinfeksi akan segera bekerja dengan merusak sistem handphone
B.    Macam-macam Jenis Virus
Ada beberapa jenis virus yang bisa terdeteksi yang banyak menyerang ponsel, terutama untuk Nokia versi symbian antara lain : PBStealer, Virus beseko, Cabir, Locknut, Comwarior, Skulss, Doomboot, Appdisabler, Cardtrap, RommWar dan banyak virus ponsel lainnya.
C.    Kenali Ulah si Virus
Virus-virus ini banyak melakukan ulah yang tentunya membuat kita jengkel, seperti membuat ponsel yang super lola (loading lama), aplikasi tidak bisa dijalankan, mengirim virus sendiri lewat Bluetooth, ponsel sering restart sendiri, baterai cepat habis, sampai virus yang mengakibatkan ponsel kita mengirim sms sendiri sehingga nomor handphone kita akan diblokir sms keluarnya oleh operator selular (biasanya operator Indosat).
Dampak terburuk dari ulah si Virus yakni menyebabkan HP bisa restart sendiri, booting berat
D.   Pertolongan Pertama UGP (Unit Gawat Ponsel)
Lakukan pertolongan pertama untuk membersihkan atau memusnakan virus tanpa harus instal ulang software (istilahnya Flashing Firmaware). Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pertolongan pertama yaitu :
 1.       Langkah Penyelamatan Data
Hati-hati (Warning) : semua data baik no Telepon, dan foto, video, music akan terhapus dari sistem HP. Untuk itu backuplah semua data baik di sistem HP maupun di MMC ke dalam komputer terlebih dahulu. Semua Aplikasi yang terinstal di HP juga akan terhapus.....
2.       Melakukan Formating Handphone
(a.)   Kembalikan ke Pengaturan awal (di semua Handphone ada fasilitas ini)
Cara ini cukup manjur untuk mengembalikan ke default awal virus bye bye
(b.)  Format HP dengan trik tombol keypad
-       Matikan handphone anda
-       Ganti SIMCARD dengan SIMCARD yang tidak terpakai.
-       Pastikan Baterai anda terisi penuh.
-       Tekan tombol keypad berikut secara bersamaan yaitu tombol keypad : 3 (angka3) , (tombol bintang), call (tombol panggil) dan tombol on/off handphone anda.
-       Tahan tombol tersebut sampai keluar tulisan formating, atau sampai keluar menu Time Zone area (untuk nokia N70).
-       Untuk HP Nokia Comunicator (N9500 dan sejenis) dengan CTRL+ALT+F (Tombol F ditekan-tekan sampai muncul formating) bersamaan dengan memasang baterai HP.
-       Bila langkah ini tidak berfungsi coba ulangi lagi, atau untuk ponsel type tertentu silahkan ketik *#7370# setelah itu masukan no pin ponsel anda (PIN default 12345)
-       Setelah keluar menu tersebut lepaskan tombol-tombol tersebut dan biarkan proses berjalan.
-       Setelah proses tersebut selesai maka Ponsel anda sudah seperti ponsel baru lagi dan lenyaplah virus dari handphone anda.
3.       Formating MMC
Bersihkan virus yang ada di MMC dengan Antivirus di komputer. Setelah bersih Formatlah  MMC tersebut dari Handphone agar sistem di MMC baru.
4.       Penyimpanan Kembali Data ke MMC
-          Setelah MMC bersih dari virus, copy kembali data hasil backup ke dalam MMC.
-          Instal ulang kembali semua aplikasi ke dalam HP jika ada masternya
5.       Agar HP tak terinfeksi virus lagi instal lah anti virus.....
6.       Jika langkah tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah alias virusnya mbandel, dengan terpaksa serahkan ke ahlinya “dr. Ponsel”. Biasanya dengan jalan mem-flashing HP (instal firmwarenya) menggunakan alat Flashing.... Virus langsung chek-out

ANTI VIRUS HANDPHONE :
Selain berfungsi untuk membersihkan virus, antivirus juga berfungsi sebagai tameng yang melindungi ponsel dari ganguan virus.
Berikut beberapa antivirus yang bisa Anda gunakan di ponsel:
1.       Kaspersky Mobile Security
Kaspersky perusahaan antivirus asal Rusia. Kiprah perusahaan ini mulai dikenal luas pada tahun 2004 ketika mereka berhasil mendeteksi dan menghilangkan virus di ponsel bersistem operasi Symbian dan juga windows.
Selain memerangi virus, belakangan Kapersky melengkapi produk antivirus-nya dengan fitur-fitur baru. Ada Anti Theft Protection yang memungkinkan proteksi data-data penting seperti kontak, file, SMS dan e-mail agar terlindungi dari upaya pencurian data atau pun Firewall yang bertugas melindungi lalulintas data melalui koneksi internet.
Ada pula fitur Anti Spam yang mencegah masuknya pesan-pesan massal dan yang tidak diinginkan.
Aplikasi ini bisa dijalankan di ponsel Nokia dengan sistem operasi Symbian OS 9.1, 9.2, 9.3, 9.4 Series 60 dan Microsoft Windows Mobile 5.0, 6.0, 6.1, 6.5. Sayangnya, ini aplikasi berbayar. Tapi tenang saja, Anda bisa mendapatkan versi trial-nya kok.
Download: http://www.kaspersky.com
 2.       F-Secure
F-secure memiliki 3 buah produk untuk melindungi ponsel yaitu: F-Secure Mobile Antivirus for Business, F-Secure Mobile Antivirus dan F-Secure Mobile Security.
Secara umum ketiga produk ini memiliki kemampuan melakukan proteksi terhadap virus, worm dan trojan secara otomatis, real time dan transparan. Ketiga produk ini dilengkapi pula dengan firewall untuk melindungi ponsel dari penyusupan virus melalui koneksi internet.
F-Secure Mobile Security kompatibel dengan S60 3rd Edition. (symbian 9.x), S80, dan symbian UIQ. Sedangkan F-Secure Mobile Antivirus cocok digunakan di ponsel berbasis S60 2nd Edition (Ssymbian 7.x/8,x), S60 3rd Edition (Symbian 9.x), Windows 2003 for Socket PC dan Smartphone berbasis Windows Mobile 2003.
Download: http://www.f-secure.com
 3.         Symantec Mobile Security
Nama Symantec tak begitu asing di telinga pengguna komputer. Dengan antivirus bikinan Symantec ini, ponsel tak cuma terlindungi dari virus saja, tetapi juga koneksi nirkabel yang tidak dipercaya.
Aplikasi ini adalah proyek berbayar. Symantec hanya menyediakan waktu efektif penggunaan selama 2 tahun. Setelah kurun waktu itu, akan di update.
Meski berbayar, Symantec menyediakan versi gratis dengan masa pakai waktu tertentu.
Aplikasi ini dijalankan di ponsel dengan sitem operasi Symbian 9.1, 9.2, 9.3, 9.4 dan Microsoft Windows Mobile: 5.0, 6.0, 6.1, 6.5.
Download: http://www.symantec.com/norton/smartphone-security
 4.         Trend Micro Mobile Security
Sebagai perusahaan antivirus terbesar ketiga dunia, Trend Micro tidak mau ketinggalan. Perangkat genggam pun dirambah, terutama untuk ponsel-ponsel pintar berbasis Symbian dan Windows mobile.
Saat ini ada 3 produk Trend Micro yang diperuntukan khusus bagi pengguna ponsel yaitu: Trend Micro Mobile Security 3.0, Trend Micro Mobile Security 5.0 Standard Edition dan Tren Micro Mobile Security 5.0 Advanced Edition.
Aplikasi ini mampu mengkarantina dan menolak file yang mengandung virus serta ancaman lain. Tak cuma itu, aplikasi ini juga sanggup memproteksi ponsel dari dari pesan-pesan wap-push dan proteksi dari gangguan via Bluetooth.
Hebatnya, dengan fasilitas update yang fleksibel. Update bisa di lakukan melalui koneksi data dan nirkabel (Wifi, GPRS, EDGE, dll) atau dengan melakukan sinkronisasi dengan PC.
Produk Trend Micro Mobile Security kompatibel dengan sistem operasi: Microsoft Windows Mobile 5.0/Pocket PC, 6.0 Classic/Professional, Microsoft Windows Mobile 5.0/Smartphone, 6.0 Standard dan Symbian 9.1/S60 3rd Edition.

Selasa
Dibaca :