Minggu

Trik Software Keylogger

Berhati-hati dalam menggunakan komputer yang digunakan secara umum misalnya warnet, lab. komputer, dsb.


Kali ini saya akan membahas salah satu tools yang banyak digunakan untuk tujuan kejahatan, yaitu keylogger. Dari namanya kita sudah bisa mengenali fungsi dari tools ini adalah untuk mencatat aktivitas keyboard. 
Dengan kemampuan itulah, maka secanggih apapun sistem keamanan dari sebuah situs, dan setangguh apapun orang-orang yang ada dibelakang situs tersebut tidak akan mampu mendeteksi tool ini.
      Keylogger terdiri dari 2 jenis, jenis software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Jenis software terinstall di komputer target secara invisible (tersembunyi) sehingga orang yang menggunakan komputer tersebut tidak akan menyadari kehadiran program ini. Program tersebut akan merekam semua aktivitas keyboard, tombol apa saja yang tekan oleh si pengguna komputer. Sehingga jika aktivititas yang dilakukan adalah berselancar di internet, maka alamat situs yang dikunjungi (yang diketik), isi surat yang sangat rahasia (yang diketik), user name dan PASSWORD email, user dan password facebook, bahkan Nomor kartu kredit atau PIN yang digunakan untuk transaksi keuangan online.
        Khusus untuk poin terakhir di atas (transaksi perbankan), pihak perbankan sudah mengantisipasi dengan penggunaan semacam Token Pin yang digunakan di Bank Mandiri. Tapi antisipasi ini hanya meminimalkan, karena pengetikan User ID dan Pin saat login ke situs tetap akan terekam oleh si Keylogger.Jenis yang kedua adalah keylogger jenis hardware. Fungsi alat ini sama dengan jenis software, hanya saja tool ini berbentuk sebuah alat yang dipasang untuk menghubungkan keyboard dan CPU/laptop. Alat ini laksana flashdisk dengan memori/kapasitas tertentu akan menyimpan hasil rekaman semua penekanan keyboard secara otomatis. 

Saya sendiri pernah membuktikan kecanggihan software keylogger untuk mengetahui password program komputer. Suatu ketika saya diminta bantuan untuk membuka password sebuah program database yang di miliki oleh sebuah perusahaan. Kebetulan salah satu pimpinan perusahaan itu adalah teman saya, karna sudah lama Maintenance IT perusahaan itu saya yang menangani. Pada saat itu ada konflik antara pimipinan dan operator program tersebut, yang sebenarnya operator itu masih adik dari teman saya. Yang jadi masalah adalah password program hanya diketahui oleh operator, sedang karayawan yang lain tidak mengetahuinya sama sekali. Hal yang dikhawatirkan jika ada masalah dan tiba - tiba operator tersebut keluar, maka program tidak akan dapat digunakan. Maka... karna niatan untuk menolong, simsalabim ( kayak sulapan ) saya installkan program keylogger perekam tombol keyboard, lalu dengan alasan ingin melihat isi database, operator tersebut diminta untuk menbukakan program yang di password. Saat program telah terbuka, maka MISI TELAH SELESAI karna password dan user name program database itu telah terekam oleh program yang benar - benar spy alias tersembunyi. Dengan menekan kombinasi tombol keyboard maka program aktive kembali dan kita tinggal melihat hasil rekaman tombol keyboard. Ini satu kasus yang bisa diselesaikan degan software keylogger.Nah dari kasus di atas maka jika software ini disalahgunakan untuk membobol password email, facebook, dll. tentu sangat berbahaya. Semua tergantung kepentingannya. Untuk lebih aman memang jika ingin melakukan aktivitas pribadi di tempat umum, maka kita harus lebih berhati - hati, apalagi jika menggunakan account banking, saran saya sebaiknya dilakukan di tempat yang benar - benar terjaga keamanannya.


Solusinya : 


Nah, saya punya tips simpel buat terhindar dari Keylogger.

Pada dasarnya Keylogger ngga’ bisa merekam tulisan hasil COPY+PASTE. Jadi, cari atau buat tulisan aneh yang mengandung kata-kata email atau password. 
Misal, password anda : rahasia123. Maka, anda harus tulis bahasa planet seperti : jahdjsadhwqnsasnqrahasiajdhdruewhewh123. Perhatikan. Dalam bahasa planet yang saya tulis tersebut mengandung kalimat “rahasia123″. Nah, copy kata “rahasia” ke dalam Notepad, selanjutnya copy kata “123″ ke Notepad anda.
Hasilnya, anda copas tulisan “rahasia123″ yang ada di Notepad ke Facebook anda. Dengan cara ini, pasti terbukti aman.
Oke, sekilas aja artikel ini. Semoga bermanfaat ya….

Minggu
Dibaca :